Ulasan Mengenai Kartu Grafis Macbook Pro Edisi tahun 2016

Advertisement

Tidak Lama ini Macbook Pro Edisi tahun 2016 Mendapat banyak perhatian usai pengumumannya yang baru saja, respon negatif dan positif pun bermunculan

Macbook Pro
Macbook Pro

Perangkat Macbook Pro 15″ edisi tahun 2016 ini datang dengan menggunakan kartu grafis Rodeon Pro 400 Series.

Advertisement
Namun jika mengacu pada spesifikasi yang dipaparkan di website resmi AMD, kartu grafis tersebut tampaknya tak secanggih seperti yang diklaim Apple.

Pertama-tama, Apple menghadirkan pilihan Pro 450, Pro 455, dan Pro 460 dengan konfigurasi berbeda untuk MacBook Pro 15 inci, dimana semuanya berbasis arsitektur terbaru dari AMD yaitu Polaris dan membutuhkan pasokan energi sebesar 35W.

AMD mengatakan kalau Pro 400 series ‘dirancang khusus untuk para kreator masa kini: para seniman, desainer, fotografer, pembuat film, pakar visual, juga engineer yang membentuk era krease konten modern.’

Penjabaran tersebut bisa dibilang sebagai bahasa halus dari kartu grafis dengan performa kelas menengah, alias bukan yang tercanggih di kelasnya.

Ketiganya merupakan produk baru, jadi masih belum ada patokan pasti tentang performanya di dunia nyata. Namun jika mengacu pada spesifikasi dasarnya, lini baru dari AMD tersebut performanya hampir mirip atau bahkan sedikit di bawah kartu grafis GTX 965m seperti yang dipakai di Surface Book atau laptop portabel.

Untuk skor benchmarknya, kartu tersebut sudah lumayan untuk menjalankan program seperti Photoshop, video playback 4K biasa, gaming dengan setting normal, namun dengan tingkat resolusi maksimal 1080p.

Padahal seperti yang Anda ketahui, display di MacBook Pro 15″ memiliki tingkat resolusi di atas 1080p. Jadi jika Anda menghendaki agar tiap pixel di layar MacBook Pro 15″ edisi 2016 bisa dipakai secara optimal, maka Anda mutlak memerlukan kartu grafis yang lebih canggih. Namun untuk amannya, Anda harus memainkan game dengan settingan rendah atau standar saja.

Ketika dibandingkan dengan produk laptop Windows berukuran 15 inci yang juga dibanderol setara Rp 26 seperti harga MacBook Pro, maka jangan kaget kalau produk-produk tersebut memiliki spesifikasi yang lebih tinggi, mulai dari kartu grafis, kapasitas memori internal, juga memori RAM.

Jika Anda tak masalah dengan produk yang lebih berat, Anda bahkan bisa mendapatkan laptop dengan kartu grafis level komputer desktop seperti GTX 1070/1080 yang jelas jauh lebih canggih ketimbang Radeon Pro 400 series di MacBook Pro.

Sebagai perbandingan paling mudah, Radeon Pro 400 series performanya setara dengan kartu grafis kelas desktop lawas Radeon HD 7770 yang rilis tahun 2012, dan kartu ini dikenal agak kerepotan ketika menjalankan game dengan tingkat resolusi 1080p.

Pada Perangkat ini Apple Memang Mendatangkan SSD Generasi Baru yang lebih Cepat dari HDD atau SSD Standar yang di gunakan di kebanyakan komputer desktop, namun jika anda menggunakan MacBook Pro sebagai workstation atau membuka banyak aplikasi sekaligus jangan terkejut jika performanya tidak secanggih yang anda bayangkan.

Mac , , , . Bookmark the permalink.

Mr. Santoni

Pemerhati Dunia Maya... Pengguna beragam Smartphone. Saat ini sedang senang berbagi tentang iPhone, iPad dan Mac. Tips2 yang kami berikan telah teruji dan berfungsi sewaktu pertama kali kami tulis