Baru Beli Baterai iPhone 7? tahun depan mungkin baterai itu dapat masalah kenapa? ini penjelasannya

Advertisement

Beberapa waktu lalu Apple mendapat keluhan dari pengguna perangkat iPhone 6 & 6s, masalahnya karena random shutdown atau ponsel mati secara mendadak setiap baterai tinggal 30% atau sekitar 40%

iPhone
iPhone

Apple pun menanggapinya dengan mengadakan penggantian baterai pada perangkat tersebut secara gratis untuk perangkat dengan nomor seri tertentu yang rilis di awal tapi solusi ini masih belum menjawab tuntutan dari konsumen lain karena update iOS 10.11 kembali kedatangan masalah di model lain/

Advertisement

Jika mengacu pada fakta bahwa Apple lebih memilih mengganti baterai dari iPhone yang bermasalah, maka bisa disimpulkan bahwa sumber masalah tersebut adalah baterai lithium yang ada di dalam iPhone.

Lalu apakah ini berarti masalah tersebut berpotensi terjadi di iPhone 6 & 6s lainnya? Bisa jadi.

Mengapa? Karena bahan lithium-ion yang umum dipakai di berbagai baterai untuk perangkat elektronik memang memiliki ‘usia pemakaian’ yang cenderung menurun seiring dengan tingginya frekuensi pemakaian.

Jadi semakin sering Anda merecharge ponsel, maka baterai ponsel akan menjalani siklus yang lebih cepat dan akibatnya bakal menurunkan kapasitas maksimal pengisian.

Melihat fakta tersebut, juga kecenderungan bahwa seorang pengguna iPhone biasanya merecharge ponsel mereka setiap hari (*dan umumnya lebih dari 1x), maka sebuah baterai di iPhone setidaknya bakal menjalani 300 siklus pengisian dalam 1 tahun.

Mengingat bahwa baterai untuk perangkat mobile umumnya bakal berkurang 20% setelah melalui 400 siklus pengisian, juga kecilnya kapasitas baterai yang dipakai di iPhone, maka tak heran jika kasus baterai di iPhone 6s terus bermunculan padahal ponsel tersebut baru saja rilis akhir tahun 2015.

Jadi Jika anda baru membeli baterai untuk perangkat iPhone 7 dan lainnya yang penggunaan baterainya terbilang boros sehingga anda harus mencharger 2x dalam sehari maka jangan heran jika pada tahun depan anda mendapati masalah baterai di perangkat anda.