Benarkah Produksi iPhone di India Sedang terancam di batalkan ?

Modified: January 6, 2017 at 4:05 am

Advertisement

Kabarnya Apple memiliki rencana untuk memulai produksi iPhone di india dari awal tahun ini namun ada juga kabar yang menyebutkan bahwa hal ini terancam batal, apa penyebabnya?

Apple
Apple

Informasi ini di kutip dari seorang pegawai pemerintahan di india beberapa waktu lalu yang menyebutkan bahwa India tidak mendukung konsensi Apple untuk memulai prosess manufaktur di negara itu.

Advertisement

Di ambil dari sebuah sumber otoritas India memastikan tak akan memberi kemudahan peraturan untuk satu perusahaan saja, seperti Apple.

Pernyataan ini seakan menjawab laporan beberapa bulan lalu yang menyebut bahwa Apple telah meminta permintaan tertulis pada otoritas setempat.

Ketika itu, perusahaan yang berbasis di Cupertino ini diketahui berusaha mencari konsesi lebih lanjut termasuk bea impor dan cukai yang lebih rendah.Namun, belum ada tanggapan dari Apple mengenai kabar tersebut sampai saat ini.

Sebagai informasi, Apple disebut akan mulai memproduksi iPhone di India pada Januari 2017.

Bersama Foxconn, Apple disebut akan membangun fasilitas perakitan iPhone di negara tersebut. Wistron sebagai salah satu pemasok utama iPhone dikabarkan juga akan membangun pabrik perakitan di Peenya, kawasan industri yang terletak di wilayah Bengaluru, Apple juga telah membuka lowongan kerja untuk fasilitas di negara tersebut. Ada dua posisi yang ditawarkan, yakni iPhone Operations Program Manager (OPM) dan New Product Introduction (NPI) Product Quality Manager.

Dengan dibangunnya pabrik perakitan di India, Apple berharap iPhone yang diproduksi di tempat itu dapat dijual dengan harga yang masuk akal dan terjangkau.

Pada Mei 2016, penjajakan antara Foxconn dan pemerintah India dilaporkan telah mencapai titik temu.

Kabar lain menyebutkan bahwa Foxconn sendiri sudah sukses melakukan pencarian lahan dan sudah ada beberapa tempat untuk dipilih, perusahaan kabarnya akan mengeluarkan uang sebanyak US $10 Miliar.