Tidak Jadi Buat Pabrik di Indonesia Apple Akan Rilis iPhone di India dari Bulan April 2017

Apple
Apple

Tahun 2016 lalu Apple sempat di kabarkan akan membuat pabrik perakitan iPhone baru dari Foxconn namun tanpa sebab yang jelas rencana itu di batalkan

Apple
Apple

Apple memilih pabrik perakitan iPhone terbaru mereka di negara yang lagi ramai jadi pasar baru smartphone yaitu India.

Hal ini telah dikonfirmasi langsung oleh Menteri IT dari negara bagian Karnataka yaitu Priyank Kharge dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg.

Kharge menjelaskan kalau Apple nantinya bakal menggandeng ODM asal Taiwan yaitu Wistron untuk menjalankan proses perakitan iPhone, dimana pabrik bakal berlokasi di ‘ibukota teknologi India,’ yaitu di Bangalore mulai akhir bulan April 2018.

Kharge menjelaskan kalau pabrik tersebut bakal sepenuhnya memproduksi iPhone yang disiapkan untuk pasar dalam negeri, dan pemerintah India siap memfasilitasi Apple seandainya perusahaan mereka membutuhkan bantuan dari pabrikan lain di kawasan Karnataka.

Kesepakatan antara Apple dengan pemerintah India ini dicapai setelah negosiasi selama berbulan-bulan, dan Apple kabarnya meminta keringanan pajak selama 15 tahun sebagai bagian dari persyaratan kesepakatan. Sejauh ini, permintaan tersebut kabarnya masih tarik ulur antara kedua pihak.

Lewat pendirian pabrik baru di India, Apple akan berhak mendirikan toko ritel baru dan semakin mudah dikenali oleh para pelanggan, mengingat selama ini pangsa pasar Apple relatif sedikit jika dibandingkan dengan produk-produk Android berharga terjangkau.

Di Tahun 2016 Apple hanya sukses mengirimkan 2,5juta unit iphone di India dan akan mereka akan jadikan perusahaan mereka di sana  sebagai posisi ke-10 jauh di bawah samsung, Oppo dan XIaomi yang ada di posisi ke-3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *