Rumor ini Mengatakan Bahwa Touch ID akan di Ganti Ke Sistem Pemindai Wajah Pada iPhone 8

Touch ID
Touch ID

Apple pertamakali memakai fitur Touch ID pada iPhone 5s beberapa tahun silam dan mengakibatkan produsen lainnya menirunya pada perangkat mereka

Touch ID
Touch ID

Saat ini Fitur sidik jari memang sudah tidak menjadi hal yang spesial lagi namun produk android kelas mengengah kebawah kebanyakan sudah memilikinya.Entah apakah fakta tersebut telah mempengaruhi Apple untuk tak lagi menggunakannya, yang jelas kini muncul kabar kalau Apple sedang mempertimbangkan untuk meninggalkan fitur Touch ID di iPhone 8.

Sebelum lebih jauh, Anda mungkin masih ingat dengan kabar dimana Apple bakal membanderol iPhone 8 seharga $1000 atau setara Rp 13 jutaan, dan harga tersebut masih sedikit lebih mahal ketimbang banderol resmi iPhone 7 Plus 256GB.

Harga fantastis tersebut bukannya tanpa alasan, mengingat Apple berambisi menggunakan layar OLED yang menutup seluruh permukaan panel depan, sebuah fitur baru bernama ‘function area,’ lapisan kaca ala iPhone 4s yang dominan, fitur wireless charging, serta 3D facial recognition alias sensor wajah pengguna sebagai pengganti Touch ID.

Peralihan layar OLED sendiri sudah mendongkrak biaya komponen di iPhone 8 hingga hampir 2x lipat. Jika Apple sebelumnya ‘cuma’ membutuhkan ongkos sebesar $40 per unit panel LCD di iPhone 7 & 7 Plus, penggunaan layar OLED di iPhone 8 bakal menggelembungkan ongkosnya menjadi $71 per unit.

Kini salah seorang analis senior dari JP Morgan memperkirakan kalau tambahan fitur 3D laser scanner untuk kemampuan memindai wajah pengguna bakal membutuhkan biaya sekitar $10 – $15 per unit, dan jumlah tersebut jauh lebih besar ketimbang modul Touch ID yang dipakai selama ini.

Dugaan lain memperkirakan Apple kemungkinan masih akan menggunakan Touch ID plus teknologi pemindaian wajah untuk meningkatkan pengamanan otentifikasi biometrik tiap kali pengguna melakukan transaksi keuangan

Hmm hal ini tentunya jadi sesuatu yang dibutuhkan apalagi saat ini teknologi memungkinkan penggunakan fitur augmented reality.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *