Benarkah Nantinya Port Lightning akan Tergantikan dengan USB Type-C ?

Port Audio Jack 3,5mm di hilangkan di tahun kemarin untuk perangkat iPhone 7 dan memutuskannya untuk menggantinya dengan Port Lightning

Port Lightning & USB Type-c
Port Lightning & USB Type-c

Hal ini tentunya cukup membuat kecewa beberapa pihak karena Apple cuma menyediakan satu jalur saja untuk mengisi baterai ponsel dan mendengarkan musik.Jika pengguna menghendaki untuk mampu menjalankan seluruh fitur tersebut secara bersamaan, pengguna bisa memilih untuk membeli headset Bluetooth atau membeli sebuah aksesori baru, yang berarti menambah pengeluaran untuk sebuah fitur yang seharusnya bisa dinikmati secara gratis.

Kini muncul kabar baru lagi yang mungkin tak pernah diduga sebelumnya, juga tak kalah revolusioner ketimbang keputusan meniadakan audio jack 3,5mm.

Wall Street Journal yang terkenal kredibel menyampaikan kabar bahwa iPhone berikutnya bakal menggantikan port & konektor Lightning dengan port & konektor USB Type-C.

Sekalipun informasi ini terkesan agak aneh mengingat selama ini Apple lebih menghendaki pemakaian solusi buatan mereka sendiri, namun Apple juga terkenal tak segan-segan menggantikan fitur yang dianggap tak lagi sesuai dengan kebutuhan.

Apalagi Apple sebelumnya juga merupakan pionir dalam pemakaian port USB Type-C lewat pemakaiannya di lini MacBook, dan baik Lightning maupun USB Type-C kebetulan juga memiliki sejumlah kemiripan fitur satu sama lain.

The Verge menganggap bahwa kabar tersebut bisa diartikan lain, dimana Apple mungkin bakal menyertakan pemakaian port USB Type-C bukan di iPhone, tapi di power adapter.

Ini berarti bahwa port USB-A di ujung kabel power bakal digantikan dengan USB-C, mirip seperti apa yang sudah mereka jalankan di MacBook.

Hmm hal itu terbilang lebih masuk akal karena user dapat mengusu baterai iPhone Baru mereka dari kabel yang sudah ada pada boks iPhone dan menghubungkannya ke MacBook, tidak hanya itu saja standar baru UAC nampaknya juga akan memperkecil kemungkinan bahwa Apple akan menggeser Port Lightning di iPhone generasi selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *