Benarkah Apple Siapkan Fingerprint dalam Display untuk iPhone?

Informasi baru beredar mengatakan bahwa Apple sudah dapat paten untuk teknologi terbarunya, Apple dapat paten teknologi yang memungkinkan keseluruhan layar iPhone dapat jadi pemindai sidik jari

iPhone
iPhone

Kabarnya mereka memakai lapisan layar untuk memungkinkan teknologi ini dapat berfungsi, lapisan ini lah yang nanti akan membuat perangkat dapat membaca sidik jari.

Advertisement

Informasi ini seakan menguatkan rumor yang pernah beredar, mengenai rencana Apple menghilangkan tombol fisik Home. kabar itu bahkan telah tersebar sebelum iPhone 7 dirilis, Informasi keberhasilan Apple mendapatkan paten teknologi ini tentunya mendukung kemungkinan tersebut.

Namun, belum dapat dipastikan kapan Apple akan mulai menggunakan  teknologi ini pada iPhone. Tidak hanya itu saja, karena hal ini masih sebatas paten, tak tertutup kemungkinan akan ada pengembangan atau perubahan yang dilakukan perusahaan.

Apple memang  bukanlah perusahaan pertama yang berhasil menerapkan teknologi pemindai sidik jari di layar sentuh.

Sebelumnya, perusahaan asal Korea Selatan bernama CrucialTech mengungkap telah berhasil mengembangkan teknologi yang sama.

Solusi pemindai sidik jari bernama Display Fingerprints Solution atau DFS itu disebut telah menerima respon positif dari sejumlah perusahaan lain. Bahkan, teknologi tersebut siap pasarkan untuk vendor smartphone mulai tahun 2017.

Perusahaan asal Korea Selatan ini memang masih terbilang baru, namun mereka memastikan bahwa fingerprint itu cukup untuk mendeteksi sentuhan sehelai rambut tentunya hal ini memungkinkan untuk melakukan pemindaian pada seluruh bagian layar.