Wow Robot Apple yg Satu ini dapat Bongkar iPhone dengan cepat

Liam
Liam

Robot baru dari Apple ini di beri nama Liam, robot ini sebenarnya sudah di perkenalkan pada musim semi tahun lalu

Liam
Liam

Setelah mendekati genap satu tahun robot dari Apple ini akan segera resmi melakukan tugasnya, keren bukan? di bawah ini juga ada video robot liam loh.

Liam memiliki tugas penting dalam pembongkaran iPhone, yakni memungkinkan bagian-bagian di dalam iPhone bisa diambil dengan aman untuk diperbaiki dan digunakan kembali.

Saat ini sistem robotik tersebut telah beroperasi di California dan Belanda, seperti dikatakan oleh Apple dalam rilis resmi tanggal 21 Februari lalu.

Sistem robotik Liam ini tentu saja lebih cepat dan efisien dibanding tenaga manusia ataupun sistem robotik yang dipunya Apple sebelumnya. Dalam satu tahun, Liam mampu membongar 1,2 juta iPhone 6.

Untuk dua sistem Liam yang digunakan, kemampuan bisa digandakan menjadi 2,4 juta iPhone per tahun yang bisa dibongkar untuk diambil bagian-bagian yang bisa didaur-ulang. Menurut Apple, Liam mampu membongkar satu unit iPhone 6 hanya dalam waktu 11 detik saja. Wow!

“Setiap 10.000 unit iPhone yang dibongkar Liam, kami mampu menyelamatkan 190kg aluminium, 80kg tembaga, 0,13kg emas, 0,04 campuran logam platina, 0,70kg perak, 5,5kg timah dan 2,4kg logam langka.”

Hmm limbah elektronik memang terbilang sebagai masalah besar dalam industri tapi jika di lihat dari sudut pandang ini Apple menemumkan salah satu solusi setidaknya untuk limbah iPhone, robot Liam ini memiliki kelebihan dapat mengurangi limbah elektronik dari komponen-komponen kecil yang bisa di selamatkan dan di pakai lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *