Akurasi Kemampuan Apple Watch Dalam Mendeteksi Gejala Serangan Jantung Mencapai 97%

Sakit jantung memang bisa muncul secara mendadak, namun hal ini dapat di deteksi jika orang yang mempunyai penyakit ini memiliki Apple Watch

Apple Watch
Apple Watch

Kenapa bisa begitu? menurut sebuah hasil studi aplikasi penghitung detak jantung, mencatat bahwa perangkat ini memiliki kemampuan sebagai alat bantu mendeteksi munculnya gejala detak jantung yang di sebut  atrial fibrillation (AF).

Advertisement
Studi tersebut dijalankan lewat kerjasama dengan University of California, yang hasilnya memperlihatkan betapa tingginya akurasi Apple Watch dalam mendeteksi gejala AF di tubuh penggunanya.

Studi ini dimulai sejak 2016, dan dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan Apple Watch dan aplikasi Cardopgram dalam mendeteksi salah satu penyebab paling umum dalam serangan jantung.

Para ilmuwan mengembangkan sebuah algoritma AI kusus untuk aplikasi Cardiogram demi melatih fungsi deep neural network, agar nantinya bisa mengidentifikasi detak jantung abnormal yang akurat.

Para ilmuwan tadi menyatakan bahwa mereka menggunakan data detak jantung para pengguna Apple Watch yang terkumpul dari 6158 partisipan.

Hasilnya? Paduan aplikasi Cardiogram dan Apple Watch mampu mendeteksi gejala anomali AF dengan tingkat akurasi mencapai 97%, dan hasil studi ini dianggap sangat penting mengingat AF merupakan penyebab dari 1/4 penderita stroke, dan sekitar 2/3 dari tipe gejala serangan jantung bisa dicegah dengan mengkonsumsi obat yang sama sekali tak mahal.

Harapan dari para ilmuan saat ini diharapkan Apple Watch dan aplikasi Cardiogram tidak hanya dapat mendeteksi gejala kemunculan saja tapi juga diharapkan dapat membantu proses penyembuhan.