Cara dan Solusi Agar MacOS High Sierra bisa Tulis dan Baca USB Disk/Flash Disk/Hard Disk Format NTFS secara Gratis

NTFS for Mac 15 buatan Paragon
NTFS for Mac 15 buatan Paragon

Ya kita sudah tahu dan Faham kalau MacOS (dulu namanya Mac OSX) itu tidak begitu mau kompitablekan Teknologinya dengan Teknologi Windows. Salah satunya yang sampai sekarang penulisan di USB/Flash/Hard Disk external yang tidak Out of The Box support.

Pengguna perlu melakukan beberapa langkah mudah dan langkah sulit, langkah gratis dan langkah berbayar agar bisa menulis di USB Disk/Flash Disk/Hard Disk yang berformat NTFS tersebut.

Nah kali ini kami akan berbagi Langkah Sedikit mudah dan yang jelas Gratis. Kalau mau Langkah Super Mudah sih tinggal Download Software buatan Paragon yang saat ini sudah hadir versi 15. Yang dikenal dengan NTFS for Mac 15.

NTFS for Mac 15 buatan Paragon
NTFS for Mac 15 buatan Paragon

Software Paragon NTFS for Mac 15 ini seharga 19.95USD atau seharga 296.000 IDR. Dan kelar masalah yang sedang di hadapi. Tapi saya mau nunjukkan langkah gratis enable NTFS di MacOS High Sierra. Follow terus.

Panduan Enable NTFS Write dan Read di MacOS High Sierra

  1. Langkah Pertama tentu saja adalah download https://osxfuse.github.io/ (Fuse for MacOS) dan download versi 3.0 keatas. Dulu nama aplikasi gratis ini adalah MacFUSE. Setelah download install dan pastikan sudah di enable dan baypass dari Security Check MacOS High Sierra.

    Install Fuse for Mac di MacOS
    Install Fuse for Mac di MacOS
  2. Langkah Kedua adalah install NTFS 3G, dengan menggunakan salah satu Command Tools favorite yaitu BREW. Kalau belum install Brew Install Brew dulu dengan Command ini
    ruby -e "$(curl -fsSL https://raw.githubusercontent.com/Homebrew/install/master/install)"

    Kalau sudah tinggal Install NTFS-3G dengan perintah ini

    brew install ntfs-3g

    Dan Selesai? Belum…

  3. Langkah Ketiga ini kita perlu memperkenalkan MacOS Drive yang mana NTFS dan mau di READ dan WRITE support nya. Berikut ini Contohnya.. Flash Disk saya itu misale bernama FlashDiskKeren. Makan saya perlu memperkenalkannya dengan perintah ini
    sudo mkdir /Volumes/NTFS
    sudo /usr/local/bin/ntfs-3g /dev/disk3 /Volumes/NTFS -olocal -oallow_other
    

    Silahkan diganti bagian /dev/disk3 dan sesuaikan dengan USB/Flash Disk kalian, cara memeriksanya mudah, silahkan ketik di Terminal

    diskutil list

    Dan selesai.

    Terminal Command Diskutil List
    Terminal Command Diskutil List
  4. Biar bisa AUTO, biar bisa AUTOMATIS begini caranya, perlu diketahui MacOS setiap ada device masuk dan dalam format NTFS akan langsung di MOUNT otomatis dengan mode READ MODE. Agar bisa READ MODE kita perlu replace perintah MacOS
    /sbin/mount_ntfs

    Agar bisa direplace harus dengan perintah yang perlu ROOT PERMISSIONS. Kemudian agar bisa replace /sbin/mount_ntfs perlu masuk ke RECOVERY MODE dengan perintah berikut agar bisa masuk ke RECOVERY MODE. Silahkan matikan MacOS nya kemudian nyalakan dengan tombol power kemudian tekan kombinasi Command+R dan tunggu nanti masuk ke RECOVERY MODE.

    Kemudian masuk ke TERMINAL dan ketikkan perintah ini secara berurutan.

    sudo mv "/Volumes/Macintosh HD/sbin/mount_ntfs" "/Volumes/Macintosh HD/sbin/mount_ntfs.orig"
    sudo ln -s /usr/local/sbin/mount_ntfs "/Volumes/Macintosh HD/sbin/mount_ntfs"

    Dan silahkan Reboot kembali dan Selesai.

  5. Kalau mau Uninstall giaman? Mudah sekali, tinggal masuk ke Terminal dan ketikkan perintah
    brew uninstall ntfs-3g
    

Gimana? Mudah bukan? Semoga masalah WRITE di NTFS di MacOS High Sierra kalian bisa segera teratasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *