Apple Kembali Akan Perkenalkan Source Code Sistem Operasi Buat Apple Lisa di tahun 2018

Komputer Lisa
Komputer Lisa

Sebelumnya, ketika 34 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 19 January 1983 Apple merilis komputer desktop yang bernama Apple Lisa. Komputer desktop ini dibanderol dengan harga $9.995 sampai $24.000 di tahun 2016 dan masih menjalankan sistem operasi Lisa Office System 1.0. Walaupun sangat lawas, source code untuk sistem operasi berikut beserta aplikasi buat komputer desktop Apple Lisa kabarnya sudah ditemukan kembali.

Komputer Lisa
Komputer Lisa

Menurut informasi, bahwa source code buat komputer Apple Lisa saat ini sedang dalam proses review oleh Apple. Saat review itu selesai, soure code tersebut akan dirilis secara gratis di tahun 2018. Apple Lisa merupakan satu komputer desktop yang mengadopsi sistem antarmuk grafis (Graphical User Interface) yang dibekali dengan HDD 5 MB dan Twiggy Floppy Disk.

Pada penjualan komputer Apple lisa ini kurang bagus karena harganya yang sangat mahal dengan performanya yang rendah dan untuk itulah komputer Apple Lisa ini hanya terjual sebanyak 1.000 unit. Nama Lisa pada komputer tersebut adalah singkatan dari Local Integreted System Architecture.

Akan tetapi kemudian nama Lisa itu merupakan nama dari anak perempuan tertuanya Steve Jobs yaitu Lisa Nicole Brennan. Namun Untuk saat ini masih belum ada kabar mengenai tanggal rilis source code buat Apple Lisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *