Mengapa iPhone X Cepat Panas dan Lemot saat Di-charge

iPhone X
iPhone X

Apakah anda tahu bahwa hingga saat ini artikel tentang iPhone X masih tercatat sebagai smartphone paling kencang sejagat raya. Pada perform iPhone X yang begitu tinggi tak lepas dari peran chipset Apple A11 Bionic. Chipset ini memiliki enam inti core dengan clockspeed maksimal 2,4 GHz dan L2 cache 8 MB. Di atas kertas game apapun bisa dihajar dengan santai. Akan tetapi ada sesuatu yang mengganjal selama menggunakannya, khususnya akhir-akhir ini.

iPhone X
iPhone X

Dengan sistem operasi iOS 11.2.1 seringkali mendapati performanya yang seharusnya tinggi jadi menurun. Penurunan performa ini selalu dirasakan ketika suhu unit iPhone X mulai meningkat. Ketika menggunakannya untuk bermain game berat hingga setengah jam, biasanya suhunya tetap aman dan performa tetap tinggi.

Akan tetapi, ketika kami bermain game sembari mengisi baterainya, biasanya suhunya sudah langsung meningkat dalam waktu 10-15 menit saja, bahkan ketika hanya digunakan bermain game ringan seperti Clash Royale.

Menurut informasi, dengan lewat aplikasi DasherX ternyata sistem langsung menurunkan clockspeed CPU ketika mendeteksi suhunya sudah meningkat. Dari statistik Thermal State, dimana statusnya tertulis Nominal ketika suhu dingin, Fair ketika suhu sedikit di atas normal dan Serious ketika suhu sudah jauh melampaui batas.

Nah ketika dalam status Serious inilah sistem akan memaksa clockspedd chipset turun yang biasanya 2,4 GHz menjadi 1,8 GHz saja. Semoga bermanfaat dan jangan lewatkan berita menarik lainnya disini 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *