Awas! Malware Berbahaya Incar Pengguna Mac

Malware
Malware

Sebuah Malware berbahaya kabarnya menjadikan pengguna Mac sebagai targetnya dengan cara yang tidak biasa yaitu lewat pengaturan DNS di aplikasi System Preferences. Menurut informasi, Malware ini seperti dengan Trojan DNS Change yang ramai di tahun 2011 dan mengincar 4 juta komputer di dunia.

Malware
Malware

Informasi ini pertama kali ditemukan oleh mantan tim NSA yang menggali lebih jauh tentang Malwre tersebut dan memberi kode nama OSX/MaMi. Pada proses penyebaran malware ini berlaku dengan cara instalasi root certificate, membajak pengaturan DNS Server dan mengarahkan anda pada server yang akan memotong lalu lintas data pribadi serta menyimpannya di suatu tempat.

Beberapa data yang bisa diambil oleh Malware tersebut seperti password, tampilan iklan, mengambil gambar screenshot, menggerakkan mouse secara random dan bahkan paling berbahaya adalah mengunduh dan upload dokumen serta menjalankan sebuah perintah.

Untuk mengecek apakah komputer anda menjadi target atau tidaknya adalah melihat pengaturan DNS. Caranya masuk ke System Prefrences -> Network -> Advanced -> DNS dan pastikan IP address 82.163.143.135 dan 82.163.142.137 tidak tertulis di list DNS yang sedang anda gunakan.

Menurut informasi yang beredar, bahwa aplikasi anti virus apapun masih belum dapat mendeteksi keberadaan OSXMaMi. Menariknya, Patrick Wardle akan segera merilis firewal yang bersifat open-source dengan nama Lulu, hal tersebut bertujuan untk melindungi pengguna komputer Mac dari OSX/MaMi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *