Tips Menyimpan dan Menjadikan Halaman Web Jadi PDF Pada iPhone

Apakah anda sering membaca blog atau artikel dengan tulisan panjang dan ingin menyimpannya ke dalam bentuk PDF ? anda tidak perlu aplikasi tambahan untuk melakukan hal tersebut, sebab semuanya bisa dilakukan dengan fitur bawaan di Safari iOS 11 untuk iPhone.

iPhone
iPhone

Nah dalam artikel kali ini saya akan memberika tips untuk menyimpan halaman web menjadi PDF dengan fitur bawaan di Safari iOS 11.

Berikut cara menyimpan halaman web menjadi PDF bagi pengguna iPhone:

  1. Anda buka halam web atau artikel yang ingin dibaca.
  2. Setelah itu, Aktifkan Reader Mode untuk membuat format dukungan PDF lebih rapi, bebas tampilan format yang tidak dibutuhkan seperti iklan. Untuk melakukannya tinggal tekan ikon Reader Mode (3 garis horizontal pada Addres Bar).
  3. Setelah itu, tekanlah ikon Share Extension, lalu cari fitur Create PDF.
  4. Kemudian tampilan akan hadir di layar yaitu preview dokumen PDF yang anda terima. Tekan Done di kiri atas lalu pilih Save File To.
  5. Jika anda sudah menggunakan iOS 11, maka anda akan mendapatkan tampilan aplikasi Files untuk memilih tempat penyimpanan dokumen PDF.
  6. Langkah terakhir adalah cari Folder yang sudah anda aktifkan di Files, lalu tekan tombol Add dan selesai.

Untuk mencobanya silahkan buka files dan cari dokumen yang sudah anda simpan menjadi PDF. Selain itu, dokumen ini bisa dibaca langsung lewat files, dikirim ke aplikasi chat seperti WhatsApp atau lainnya juga bisa. Selamat mencoba dan semoga berhasil, sampai jumpa di postingan berikutnya šŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *