Tak Hanya Samsung, Apple Juga Siapkan Pemindai Sidik Jari Ultrasonik

Apple dan sejumlah vendor smartphone lain tengah sibuk menyiapkan teknologi pemindai sidik jari pada layar. Menurut laporan baru dari Korea Selatan (Korsel), Tak hanya samsung dan Qualcomm, kini Apple juga sedang menyiapkan pemindai sidik jari pada layar berbasis ultrasonik.

Apple Siapkan Pemindai Sidik Jari Ultrasonik
Apple Siapkan Pemindai Sidik Jari Ultrasonik

Pemindai sidik jari di bawah layar menjadi teknologi yang paling dinanti pada dunia ponsel saat ini. Teknologi yang disebut Fingerprint on Display (FOD) itu membuat bagian depan ponsel bisa diisi sepenuhnya oleh layar, tanpa terganggu tombol sidik jari.

IHS Markit, perusahaan layanan data dan informasi yang bermarkas di Inggris, dalam laporan penelitiannya (h/t Cnet) menyatakan bahwa pasar ponsel dengan sensor sidik jari di bawah layar akan mencapai 100 juta unit pada 2019. Ponsel berlayar penuh, menurut mereka akan menarik perhatian.

Angka tersebut terbilang ambisius jika mengingat saat ini baru dua ponsel, Vivo X20 Plus UD dan Porsche Design Huawei Mate RS, yang menggunakan sensor sidik jari di bawah layar. Ada kabar juga bahwa Xiaomi Mi 7 yang bakal diluncurkan dalam waktu dekat akan memakai FOD, tetapi kabar itu belum terkonfirmasi secara jelas.

Pemindai sidik jari ultrasonik diklaim akan lebih akurat dalam sistem keamanannya. Untuk sekarang ini diketahui ada 3 perusahaan besar yang tergabung untuk mengembangkan teknologi ultrasonk tersebut, diantaranya yakni Apple. Untuk teknologi ini nantinya mampu menangkap bagian-bagian kecil dari kulit sehingga bisa menjaga keamanan lebih sempurna.

Selain itu ada lagi teknolologi alternative yang diklaim lebih baik dari optik, yakni teknologi kapasitif yang mana mengandalkan perubahan pola alur listrik untuk melakukan pemindaian. Lantas siapakah yang akan menjadi pertama mengusung fingerprint ultrasonik ini? Apakah Samsung Galaxy S10 yang akan meluncur pada awal tahun 2019 mendatang atau mungkin Apple dengan produk iPhone terbarunya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *