Apple Secara Resmi Hapus Aplikasi CallKit Pada App Store Tiongkok

Apple kembali mengikuti peraturan dari pemerintah di Tiongkok untuk konten App Store. Kali ini adalah menghapus aplikasi yang mendukung Framework dari CallKit. Peraturan baru ini dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi di Tiongkok.

Apple
Apple

Langkah pertama yang dilakukan oleh Apple adalah mengirim pengumuman pada pengembang aplikasi yang menggunakan CallKit dan menyediakan aplikasinya di App Store regional Tiongkok. Para pengembang aplikasi harus menghapus dukungan CallKit atau menghentikan ketersediaan aplikasinya di regional tersebut.

CallKit memungkinkan pengembang untuk menggunakan antarmuka panggilan Apple pada aplikasi mereka. Antarmuka serupa lain juga tersedia, namun CallKit menyediakan kesan lebih alami untuk aplikasi pihak ketiga. Hal ini memicu keberatan pemerintah Tiongkok terkait penggunaan VoIP oleh pengembang yang memanfaatkan CallKit.

Karena aplikasi tersebut tidak diizinkan pemerintah Tiongkok menggunakan CallKit dalam kondisi aktif, Apple menyarankan pengembang untuk melakukan perubahan dan mendaftarkan kembali aplikasi mereka untuk mendapatkan persetujuan.

Sayangnya, Apple tersebut harus menuruti pemerintah Tiongkok agar dapat beroperasi di negara berjuluk tirai bambu tersebut. Hubungan antara Amerika Serikat dan Tiongkok tengah dalam kondisi kurang baik saat ini, berkat persaingan di ranah perdagangan, dan tindakan Tiongkok kepada Apple ini merupakan dampak dari permasalahan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *