Face ID Apple Bakal Gunakan Teknologi Pengenal Pembuluh Darah

Fitur keamanan biometrik Face ID milik Apple dikembangkan untuk menjadi lebih aman di masa yang akan datang. Setelah Face ID canggih pada iPhone X, Face ID Apple nantinya bisa memindai pola pembuluh darah di bagian tubuh penggunanya. Uniknya, kemungkinan pola pembuluh darah pengguna bisa dipakai menjadi salah satu autentikasi biometrik.

Face ID Apple Kenali Pembuluh Darah
Face ID Apple Kenali Pembuluh Darah

Pemindai pembuluh darah ini, dikatakan Apple, mampu menyelesaikan masalah pada Face ID, yang tidak dapat membedakan pengguna kembar. Dengan perpaduan dua sensor tersebut, Apple akan memiliki sensor keamanan paling akurat. Namun, ternyata Apple bukan yang pertama mematenkan sensor ini. Samsung pernah mematenkan sensor untuk pembuluh darah pada smartwatches.

Pada 2013, Google juga mematenkan hal yang sama untuk Google Glass. Perangkat ini menggunakan sensor biometrik, termasuk sensor pembuluh yang ada di mata.

Pemindai pembuluh darah ini tidak menyentuh fisik, hal itu juga dinilai lebih akurat dari pada pemindaian sidik jari yang harus menyentuh pemindai menggunakan tangan.

Walaupun Apple mengklaim sistem biometrik ini paling tepat digunakan untuk memindai tangan, sehingga terdapat kemungkinan bila sistem tersebut diaplikasikan pada bagian tubuh lain, seperti wajah. Dengan mengaplikasikan Face ID berbasis pembuluh darah, Apple juga kemungkinan untuk memudahkan mendeteksi wajah orang kembar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *