iOS 12 Punya Fitur Pengenal Multi-Pengguna Face ID

Apple baru saja mengumumkan kehadiran software terbarunya iOS 12 yang akan dirilis pada akhir tahun nanti. Salah satu fitur baru yang menarik di iOS 12 adalah dukungan pengenalan multi-pengguna untuk FaceID (Pengenalan Wajah).

Face ID Apple
Face ID Apple

Fitur ini tidak secara resmi diumumkan di WWDC, tapi pada iOS 12 membawa kemampuan pengenalan lebih dari satu wajah pengguna untuk iPhone X. Fitur baru tersebut dapat diaktifkan melalui opsi baru dalam pengaturan FaceID yang secara samar disebut “Mengatur Penampilan Alternatif/Set up Alternate Appearance”.

Kemudian sebuah tes muncul, membuktikan Face ID membiarkan orang lain mendaftarkan wajah untuk Face ID. Apple Insider mencoba fitur baru dan bekerja dengan dua wajah berbeda. Fitur ini ternyata diklaim memungkinkan dua orang yang berbeda memiliki akses ke satu iPhone. Kemampuan fitur ini jelas mendatangkan kerugian.

Saat pengguna mengatur Alternate Appearance, mereka harus menghapus kedua wajah yang terdaftar untuk setup ulang Face ID tunggal. Sayangnya, langkah ini juga bisa menghapus data yang dikumpulkan iPhone X untuk mempelajari wajah pemiliknya.

Intinya, Face ID yang sekarang dapat mengenai wajah kedua, atau topeng. Jika karena alasan tertentu, pengguna ingin menggunakan masker untuk membuka kunci iPhone, maka itu bisa dilakukan.

Fitur tersebut juga bisa digunakan para orang tua untuk mengontrol iPad anaknya yang didukung Face ID, meskipun fitur tersebut baru terpasang pada iPhone X.

Laman 9to5Mac juga menjelaskan bahwa, salah satu kelemahan dukungan fitur Face ID tersebut adalah pengguna tidak dapat mengubah satu wajah yang didaftarkan ke dalam sistem. Jika pengguna menambahkan wajah baru, pengguna akan diminta untuk menghapus kedua wajah yang sudah didaftarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *