Inilah Kelebihan dan Kekurangan Jailbreak iOS Yang Perlu Kamu Ketahui

Kegiatan jailbreak tengah marak dilakukan oleh banyak pengguna iOS akhir-akhir ini. Dengan proses jailbreak, sebagian metode ditemukan untuk membuka iPhone ataupun perangkat Apple lainnya.

Jailbreak iOS
Jailbreak iOS

Seiring maraknya jailbreak iOS, Apple memutuskan untuk memperbarui laman dukungannya dan menyarankan pengguna untuk tidak melakukan jailbreak pada perangkatnya. Karena jailbreak memanfaatkan kelemahan pada sistem keamanan iOS untuk menghilangkan batasan-batasan yang diberikan oleh pihak Apple, sehingga aplikasi pihak ketiga yang tidak disarankan masuk melalui App Store bisa terinstal atau masuk pada iPhone secara paksa yang pada akhirnya dapat menyebabkan performa iOS menjadi tidak stabil dan sering menyebabkan kegagalan sistem.

Beberapa dampak buruk dari proses jailbreak iPhone tetap dilakukan. Terlebih, Apple juga menekankan, garansi perusahaan bakal hilang jika iPhone di-jailbreak. Artinya, dukungan dan layanan perbaikan yang diperlukan tidak akan lagi disediakan.

Inilah Beberapa Alasan Jika iPhone Jailbreak

1. iOS Beserta Aplikasinya Akan Menjadi Tidak Stabil

iOS yang tersemat pada iPhone sudah diprogram sedemikian rupa agar berjalan mulus oleh Apple sesuai dengan kemampuan perangkatnya. Dengan mengotak-atik sistem iOS (Jailbreak), itu artinya kamu akan membuat iOS beserta aplikas-apkikasi didalamnya menjadi tidak stabil dan bahkan dapat menyebabkan menjadi crash.

2. Tingkat Keamanan Yang Kurang Terjamin

Sama seperti Android yang telah di-root, perangkat iPhone yang telah di Jailbreak juga sangat rentan keamanannya. iPhone kamu akan berpotensi terkena malware yang dibawa oleh aplikas-aplikasi yang kamu instal di luar App Store dan bahkan bisa saja data-data penting kamu yang tersimpan di iPhone menjadi terancam.

3. Tidak Bisa Update ke iOS Versi Terbaru

Apple selalu merilis pembaruan untuk iOS setiap tahunnya. Namun, jika iPhone kamu di jailbreak, maka kamu tidak akan pernah bisa meng-upgrade iOS kamu ke versi selanjutnya.

Inilah beberapa alasan penting, mengapa pihak Apple melarang iPhone untuk di jailbreak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *