MacBook Pro Terbaru Bisa “Copy” File Super Cepat Dalam Hitungan Detik

Minggu lalu, Apple baru saja memperbarui lini laptop MacBook Pro teratasnya, yakni MacBook Pro 13 inci dan MacBook Pro 15 inci dengan Touch Bar dan spesifikasi yang lebih mumpuni. Kedua laptop berbanderol harga mulai dari 1.799 dollar AS atau Rp 25,9 juta. Keduanya juga diklaim sebagai MacBook terkencang yang pernah dibuat Apple.

MacBook Pro Intel
MacBook Pro Intel

Benarkah demikian? Berdasarkan pengujian benchmark pada MacBook Pro 13 inci yang baru (Core i7, RAM 16 GB, SSD 512 GB) dan menemukan bahwa laptop tersebut ternyata memang benar-benar bisa ngebut, terutama untuk urusan kecepatan SSD.

SSD sendiri merupakan media penyimpanan yang digunakan pada MacBook Pro 13 inci baru yang mampu menembus kecepatan sampai 2.500 MB per detik dalam sebuah uji coba copy file.

Bahkan dari hasil uji coba tersebut didapati proses peng-copy-an file dengan ukuran 4,9 GB mampu dilakukan hanya dalam waktu dua detik saja. Saat proses pengujian dilakukan kembali dengan menggunakan benchmark BlackMagic Disk Speed, kecepatan tulis atau write speed SSD MacBook Pro 13 inci terbaru tersebut mampu mencapai kisaran 2.600 MB per detiknya.

Bahkan karena sangat cepatnya proses pengcopyan file pada SSD yang digunakan pada MacBook Pro terbaru tersebut, para penguji sampai memutuskan untuk mengulangi proses benchmark, sehingga di dapat kesimpulan bahwa SSD MacBook Pro adalah yang terkencang yang pernah mereka lihat pada sebuah laptop.

Selain SSD, Apple turut memperbarui hardware MacBook Pro 13 inci dan 15 inci dengan fitur Touch Bar. Prosesor kedua laptop itu kini menggunakan Intel Core i5, Core i7, atau Core i9 generasi ke-8.

Apple turut membenamkan mekanisme baru untuk melindungi keyboard Butterfly di kedua laptop, agar tombolnya tak terlalu mudah macet ketika kemasukan debu, walau secara keseluruhan papan ketik ini tak banyak berubah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *