Apple Dipastikan Tak Akan Gunakan Chip Qualcomm di iPhone 2019

Hubungan Qualcomm dan Apple disebut-sebut mengalami keretakan dikarenakan bersengketa soal pembayaran royalti kepada pihak Qualcomm.

Chip Qualcomm
Chip Qualcomm

Beredar kabar bahwa Apple memutuskan untuk tak lagi memakai chip modem Qualcomm di produk-produk iPhone buatannya kedepan. Hal ini sudah dikonfirmasi dalam sebuah teleconference pasca pengumuman laporan keuangan terbaru CFO Qualcomm George Davis mengungkapkan Apple tak bakal lagi menggunakan chip besutan Qualcomm di iPhone generasi berikutnya.

Sejauh ini memang belum ada penjelasan tentang keputusan Apple tersebut. Terlepas dari isu kerja sama ini, modem Intel dilaporkan mendukung jaringan CDMA dan GSMA. Sebelumnya, modem Qualcomm dibutuhkan untuk perangkat CDMA, sedangkan Intel untuk GSM.

Namun sejauh ini Apple belum sepenuhnya menggunakan modem Intel di iPhone. Sebagian iPhone masih dipasangi chip Qualcomm. iPhone X misalnya, diketahui ada yang datang dengan chip modem LTE Qualcomm X16 dan Intel XMM7480.

Akan tetapi saat ini Apple ngotot ingin memakai chip model Intel meskipun terbukti lebih lambat dari chip modem Qualcomm. Bahkan, Apple disinyalir sengaja membatasi kecepatan internet iPhone dengan chip Qualcomm, supaya iPhone dengan chip Intel tak terlalu terlihat ketinggalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *