Kantongi Sertifikat TKDN, iPhone 2018 Segera di Masuk Pasar Indonesia?

Setelah Apple sukses memperkenalkan ketiga iPhone terbarunya pada tanggal 12 September 2018 kemarin, kini muncul pertanyaan, kapan ketiga model iPhone besutan Apple tersebut akan masuk ke pasar Indonesia? Tak perlu khawatir, sepertinya ketiga smartphone premium tersebut segera masuk kepasar Indonesia sebentar lagi. Hal ini terlihat dari situs Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Kemenperin RI.

iPhone 2018
iPhone 2018

Tercatat di dalam situs tersebut, sertifikasi TKDN untuk ketiga model iPhone terbaru sudah diberikan kepada PT Apple Indonesia. Dikeluarkan pada tanggal 27 September 2018, sertifikasi tersebut memiliki nomor 586/ILMATE/TKDN/9/2018.

Meski sudah mendapatkan sertifikat TKDN dari Kemenperin RI, saat ditelusuri di laman e-Sertifikasi dari Ditjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), ketiga model iPhone terbaru ini belum mendapatkan e-Sertifikasi.

Namu pada tanggal yang sama, kustomer dengan nama PT Apple Indonesia mendapatkan e-Sertifikasi untuk produk Apple Watch dengan model APPLE & A2008 atau Apple Watch 4 alias jam pintar Apple seri terbaru.

Sertifikasi TKDN
Sertifikasi TKDN

Untuk iPhone Xs dan iPhone Xs Max, masing-masing tertulis dengan model A2097 dan A2101. Sedangkan model iPhone XR memiliki model A2105. Ketiganya yang tercatat sebagai telepon seluler juga telah memiliki tingkat kandungan dalam negeri sebesar 30 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *