Cara Kalibrasi Baterai iPhone Dengan Mudah

Kalibrasi baterai merupakan proses mengkondisikan ulang baterai seperti saat masih baru dan membuat sistem operasi dapat membaca kapasitas baterai seperti seharusnya. Dari beberapa sumber menyebutkan bahwa kalibrasi diperlukan setiap beberapa bulan sekali, setelah upgrade iOS atau jika kamu merasakan ada yang aneh dengan performa baterai.

Cara Kalibrasi Baterai iPhone

Proses kalibrasi sendiri tergolong mudah karena sekedar menghabiskan dan mengisi kembali daya. Hanya saja kalibrasi terbilang cukup memakan waktu dan tidak boleh ada kesalahan karena bisa langsung gagal. Satu hal yang perlu diketahui, kalibrasi baterai bukan meningkatkan atau memperbaiki baterai karena hanya sebatas normalisasi saja.

Cara Kalibrasi Baterai iPhone

1. Charge baterai iPhone hingga 1 jam setelah baterai penuh 100% untuk memulai kalibrasi.

2. Gunakan iPhone seperti biasa sampai baterai benar-benar habis dan mati sendiri secara otomatis.

3. Diamkan iPhone dengan baterai yang kosong selama minimal 2 jam. Langkah ini dilakukan untuk memastikan semua listrik sudah berhenti, baterai dalam kondisi kosong dan dingin.

4. Charge kembali baterai seperti tahap 1, jangan dinyalakan dan digunakan terlebih dahulu. Pengisian daya harus dilakukan sekali saja, jadi jangan kamu lepas pasang karena itu membuat proses kalibrasi gagal.

5. Sama halnya seperti cara ke-2, gunakan iPhone sampai kembali 0%. Namun, ingat jangan sekali-kali charge pada tahap ini karena kalibrasi akan gagal.

6. Setelah iPhone kembali mati otomatis, charge baterai hingga 1 jam setelah mencapai 100%

7. Proses kalibrasi selesai.

Tapi sayangnya Apple tidak punya tampilan atau keterangan bahwa kamu berhasil melakukan kalibrasi baterai iPhone. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *