Cara Mudah Menggunakan Opera VPN di Komputer Mac

Opera secara resmi telah merilis fitur VPN gratis untuk browser desktop-nya. Fitur ini sebelumnya hanya tersedia di browser desktop versi pengembang (developer). VPN yang ditanamkan di browser desktop Opera ini adalah VPN cerdas, yang diklaim bisa memilih lokasi server yang optimal berdasarkan faktor-faktor seperti kecepatan jaringan, waktu penangguhan, lokasi dan kapasitas server.

Opera VPN MacBook Air
Opera VPN MacBook Air

Secara singkat, VPN (Virtual Private Network) adalah salah satu metode untuk memperoleh kebebasan akses dan keamanan berseluncur di dunia maya secara aman. Koneksi internet yang kamu gunakan akan dialihkan ke jalur server sebuah VPN yang digunakan untuk menjamin privasi dan biasanya juga berhubungan dengan membuka blokir akses dari ISP (Internet Service Provider).

Cara Mudah Menggunakan Opera VPN di Komputer Mac

1. Kamu harus mengaktifkan Opera VPN terlebih dahulu sebelum dengan bebas berselancar pada dunia internet.

2. Setelah berhasil diaktifkan, maka Logo VPN akan tampil di sebelah kiri Address Bar pada peramban Opera. Silakan tekan dan aktifkan. Tunggu proses koneksinya beberapa saat. Selain itu, kamu juga dapat mengatur Virtual Location dan melihat catatan jumlah data yang sudah melewati server VPN yang kamu gunakan.

3. Jika pengaturan VPN sudah aktif, kamu bisa mencoba untuk membuka sebuah website yang sebelumnya diblokir oleh ISP.

Sebagai catatan, karena VPN menggunakan teknologi jaringan yang bersifat tunneling dan jalur akses lebih panjang, koneksi internet biasanya akan mengalami penurunan kecepatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *